Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Honda Civic FD, Sedan Lama yang Tak Lekang Waktu

Mobil Bekas

Honda Civic FD, Sedan Lama yang Tak Lekang Waktu

Honda Civic FD bisa dibilang sebagai mobil terbaik dari keluarga Honda Civic. Lalu, apa yang membuat mobil ini tetap digemari banyak kalangan hingga sekarang?

Salah satu mobil sedan lama yang memiliki kepopuleran besar adalah Honda Civic FD. Lebih dikenal dengan sebutan Civic Batman, mobil ini digemari karena desainnya yang mewah dan tak lekang oleh waktu.

Mobil Civic generasi kedelapan ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2006, menggantikan Civic ES. Saat itu, mobil ini masih diimpor dari Thailand dengan status Completely Built Up (CBU).

Berkategori mid-sedan, Civic FD memiliki beberapa pesaing seperti Toyota Corolla Altis, Mitsubishi Lancer EX, dan sebagainya.

>>>>> Klik link ini untuk melihat mobil bekas murah berkualitas <<<<<

Selain desainnya yang timeless, mobil ini memiliki mesin yang mampu menghasilkan tenaga yang besar, dan juga handling yang sangat nyaman di kecepatan tinggi.

Ditambah lagi, harga jual kembali dari mobil ini juga cukup stabil. Di Mobil123.com, kisaran harga mobil Civic Batman bekas ini untuk tahun keluaran 2006 – 2011 berkisar di angka Rp150 jutaan, dengan harga terendah Rp123 juta dan tertinggi Rp165 juta.

Melihat beberapa keunggulan tersebut, wajar saja apabila Honda Civic FD memiliki banyak peminat hingga saat ini, terutama kaum remaja dan pemuda yang suka dengan modifikasi mobil dan balapan.

Meskipun begitu, mobil ini bukanlah mobil yang sempurna. Sebagai mobil sedan lama, Civic FD memiliki beberapa kekurangan juga. Makanya, simak artikel ini untuk tahu lebih lanjut mengenai mobil Batman ini.

Desain Mirip Bat Mobile

Honda Civic FD memiliki julukan Civic Batman. Ini dikarenakan Civic FD memiliki spoiler/ekor dengan bentuk yang runcing. Ekor runcing ini membuat Civic FD memiliki kesan seperti Bat Mobile, apalagi kalau mobilnya berwarna hitam.

Bukan hanya ekornya saja yang spesial, tetapi desain eksteriornya secara keseluruhan terlihat sangat cepat. Desain yang berkarakter streamline memberikan kesan bahwa mobil ini sangat cepat dan aerodinamis.

Dan benar saja, desain ini merupakan yang terbaik di keluarga honda civic, dan hal ini didukung juga dengan performa mobil yang sangat powerful. Tidak heran jika Civic FD dikatakan sebagai generasi Civic yang terbaik.

Spesifikasi Honda Civic FD Bagaikan Mobil Balap

Melihat beberapa spesifikasinya, bisa dibilang bahwa Honda Civic FD dirancang dan dibuat untuk dibawa kencang oleh pengendaranya.

Civic FD tersedia dalam dua varian, yaitu FD1 dan FD2. Kedua varian ini berbeda dari segi mesinnya.

FD1 memiliki mesin dengan tipe R18A kapasitas 1.800 cc, i-VTEC SOHC, 4 silinder 16 katup. Dengan mesin tersebut, mobil varian ini mampu menghasilkan tenaga hingga 140 HP per 6.300 rpm dan torsi maksimum mencapai 177 Nm per 4.200 rpm.

Untuk varian FD2 dibekali jantung pacu bertipe k20Z2 kapasitas 2.000 cc, i-VTEC DOHC, 4 silinder 16 katup. Tenaga maksimum yang dihasilkan mesin ini adalah 155 HP per 6.000 rpm, dan torsi yang dihasilkan dapat mencapai angka maksimum 192 Nm per 4.200 rpm.

Honda Civic FD juga tersedia dalam dua macam sistem transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan. Khusus varian otomatis, pada bagian setir mobil dilengkapi paddle shift, sehingga membuat sensasi mengendarai mobil bagaikan pembalap F1.

Selain mesin, suspensi yang disematkan pada Civic FD dibuat sedikit lebih keras. Dengan begitu, handling mobil akan menjadi nyaman dan tidak mudah limbung pada kecepatan yang tinggi.

Tempat duduk dalam mobil pun diletakkan diposisi lebih rendah. Posisi ini memberikan kesan ergonomis dan driver oriented, layaknya sebuah mobil balap.

Kekurangan Honda Civic FD

Sebagai mobil sedan keluaran tahun lama, tentunya Civic FD akan kalah di beberapa aspek jika dibandingkan dengan mobil-mobil yang ada sekarang. Beberapa kekurangan diantaranya adalah fitur-fitur yang sudah jadul dan komponen mobil yang rentan akan kerusakan.

Miskin Fitur

Kelemahan yang terlihat dari mobil ini adalah fitur-fitur bawaan yang dapat dikatakan out of date/jadul dan di bawah standar mobil-mobil masa sekarang.

Head unit yang disematkan pada mobil ini adalah 2DIN keluaran lama dengan CD player, MP3 dan USB. Selain itu, AC-nya juga masih manual dengan paduan tombol dan kenop putar.

Mungkin salah satu fitur yang masih “tertolong” adalah panel instrumennya yang berdesain futuristic dan memberi kemudahan pengendara dalam memantau performa mobil tanpa mengalihkan perhatian secara penuh dari jalan.

Komponen yang “Penyakitan”

Ada beberapa komponen pada mobil Honda Civic FD yang diketahui sering mengalami kerusakan, apalagi pada Civic FD keluaran lama.

Salah satu komponen tersebut adalah engine mounting. Sesuai namanya, komponen ini berfungsi sebagai tempat diletakkannya mesin mobil. Komponen ini pada Civic FD biasanya lebih mudah aus, sehingga dapat membuat getaran mesin masuk ke kabin ketika mobil digunakan.

Komponen lain yang berpotensi bermasalah adalah bagian kaki-kaki mobil, terutama bushing & shock breaker. Jika kondisi komponen ini tidak baik, bantingan mobil akan terasa lebih keras, dan akan timbul bunyi-bunyian di area kaki.

Tips Memilih Mobil Civic FD Bekas

Tentunya setiap pembeli ingin membeli mobil yang memiliki kondisi yang bagus dan performa yang prima, supaya setelah membeli mobil bekas, pembeli tidak perlu membawanya ke bengkel untuk diperbaiki.

Oleh karena itu, pembeli perlu berhati-hati dalam memilih mobil bekas, apalagi mobil bekas keluaran tahun lama. Mobil yang sudah berumur berpotensi memiliki beberapa kecacatan setelah beberapa tahun digunakan.

Hal ini juga berlaku untuk mobil Honda Civic FD, mobil sedan yang mirip dengan mobil balap. Akan sangat berbahaya jika mobil ini memiliki beberapa kerusakan yang tidak diketahui lalu dibawa dengan kecepatan tinggi, karena kerusakan tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan yang fatal.

Maka dari itu, pemeriksaan terhadap kondisi mobil Civic FD bekas perlu dilakukan sebelum melakukan pembelian. Berikut adalah tips-tips dalam mengecek keadaan mobil Civic FD bekas sebelum transaksi:

  • Mesin
    Sebelum memilih, perlu dipastikan bahwa mesin yang tersemat pada Civic FD bekas memiliki suara yang halus dan tidak ada suara kasar atau bunyi-bunyi tidak wajar. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan test drive.
  • Kaki-kaki
    Komponen-komponen pada kaki-kaki mobil Civic FD perlu dicek supaya mobil aman dan nyaman untuk dipakai secara rutin dan dalam mobilitas yang tinggi. Komponen yang perlu dicek diantaranya suspense, rem, long tie rod, ball joint, tie rod end, dan ban.
  • Instrumen Digital
    Pastikan instrument digital yang ada di dalam Civic FD berfungsi dengan baik dan normal. Ini lebih karena alasan biaya. Untuk memperbaiki instrument digital akan membutuhkan biaya perbaikan yang mahal, baik itu di bengkel resmi maupun bengkel spesialis. [ABP/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat mobil bekas murah berkualitas <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang